Kota Ende Menjadi Langganan Banjir

oleh -138 views

Oleh : Marsianus Nggumbe Nggoi

( Pemuda Ende )

Banjir menjadi tamu menakutkan yang datang pada musim hujan. Hampir dari beberapa titik di kota Ende menjadi langganan banjir seperti di Km 3, jalan bawah dan beberapa titik lainnya.

Sejauh ini belum ada antisipasi dini dari pemerintah setempat maupun masyarakat terhadap persoalan banjir yang kerap kali datang di saat musim hujan.

Kedua soal kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Ini menjadi catatan penting ditambah pemukiman yang cukup padat dan juga jalan masuk ke pemukiman semuanya menggunakan rabat serta halaman rumah warga ada yang menggunakan cor semen sehingga air tidak dapat menyerap ke tanah.

Baca Juga:  Breaking News : Empat Rumah Warga Di Jalan Perwira Ende Ludes Terbakar

Ketiga soal sistem drainase yang tidak diatur dengan baik menjadi penyebab dari banjir, harapannya ini menjadi perhatian serius untuk pemerintah Kabupaten Ende. Jangan sampai diabaikan, karena dapat menjadi musibah besar.

Peran Pemerintah Dan Masyarakat

Semua manusia tidak menginginkan musibah, apa lagi banjir tetapi perlu peran penting pemerintah dan masyarakat untuk mencegah banjir. Dari masalah diatas maka ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Baca Juga:  Serap Aspirasi Nelayan Gurita Kabupaten Ende, Ansy Lema Gandeng KKP Beri Pelatihan Pembuatan Pancing Gurita

Pertama, jika Saluran drainase tersumbat akibat dari kebiasaan membuang sampah maka dipastikan akan terjadi luapan ketika musim hujan dan terjadi banjir. Namun jika saluran drainasenya tidak ada sumbatan, dapat meminimalisir terjadinya banjir.

Kesimpulannya saluran drainase harus bersih, dan harusnya ada regulasi khusus terkait larangan buang sampah sembarangan.

Ini harusnya menjadi tanggungjawab bersama perihal kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Dinas terkait segera harus sigap dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena dapat menghambat saluran drainase yang mengakibatkan banjir.

Baca Juga:  PLN Siapkan Bata Interlock Hasil olahan FABA untuk Program Bedah Rumah

Jika terjadi banjir yang cukup parah maka dipastikan banyak kerugian masyarakat, dan timbunan sampah dapat menjadi sarang nyamuk,bakteri bisa menjadi pencetus penyakit DBD ( Demam berdarah ).

Terakhir soal peran penting pemerintah daerah dalam upaya pencegahan banjir bisa dilakukan sejak dini terutama pembenahan saluran drainase. Jika semua komponen pemerintah dan masyarakat bekerja sama dan berjalan baik maka bisa dipastikan persoalan banjir dapat diminimalisir.

No More Posts Available.

No more pages to load.