Sebanyak 3.321 warga di 20 Desa dan Dusun di Flores nikmati listrik PLN

oleh -13 views

Ende, gesstur.id – Sebanyak 20 Desa dan Dusun di Flores sudah menikmati Listrik PLN. Pembangunan listrik ke daerah 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar) terus diupayakan demi mewujudkan energi berkeadilan.

Sejak pertengahan Agustus hingga November, PLN berhasil nyalakan 20 Desa dan Dusun pada 6 Kabupaten yakni Desa Gunung, Desa Golo Wuas, Desa Golo Wangkung, Desa Golo Wangkung Barat, Desa Golo Wangkung Utara, Desa Golo Lebo, Dusun Lawi Desa Satar Nawang, Dusun Rawang Desa Tengku Lawar di Kabupaten Manggarai Timur. Desa Wajo dan Desa Kotakeo 2, Dusun Bedha Desa Wokowoe di Kabupaten Nagekeo. Desa Wontong, Desa Wae Kanta, Dusun Cereng, Dusun Cremba Desa Golo Sengang, Dusun Terang Desa Golo Sepang, Dusun Kolong Desa Lumut di Kabupaten Manggarai Barat. Dusun Ngancar Desa Watu Tango di Kabupaten Manggarai. Dusun Lidi Desa Tuanggeo di Kabupaten di Kabupaten Sikka dan Dusun Baoone 2 Desa Kokotoba di Kabupaten Flores Timur. Total potensi pelanggan yang bisa dialiri listrik PLN sebanyak 3.321 KK.

Baca Juga:  Antisipasi Salah Guna Senjata Api, Propam Lakukan Pengecekan Secara Berkala
Instalasi Listrik PLN

Kepala Desa Wae Kanta, Gregorius Barbariso, mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada PLN, “Kami sangat bersyukur dan seluruh warga Desa Wae Kanta sangat gembira dengan masuknya PLN ke Desa Wae Kanta. Kami sangat berterima kasih atas kepeduliannya sehingga listrik PLN bisa sampai ke desa kami. Semoga ke depannya kita dapat berkomunikasi & berkoordinasi dengan baik atas hal-hal yang kita inginkan” ujarnya.

Baca Juga:  Bantu 1.373 Kepala Keluarga, PLN Anggarkan 1,25 Miliar Untuk Biaya Sambungan Listrik

Kebahagiaan juga dirasakan oleh salah satu warga Desa Wae Kanta bernama Marselinus Nabu dalam aktivitasnya sebagai petani mengatakan , “Kami sangat berterima kasih kepada PLN karena telah membawa terang bagi kami. Kami sudah sangat merindukan hadirnya listrik di tengah-tengah kami warga desa Wae Kanta. Hadirnya listrik sungguh sangat membantu aktivitas kami. Kami kini sudah bisa menggunakan barang elektronik yang tentunya memudahkan kami dalam beraktivitas” tuturnya.
Dalam melistriki di daerah 3T tidak terlepas dengan tantangan geografis dan infrastruktur jalan yang sangat ekstrim.

Instalasi Listrik PLN

Manager PLN UP2K Flores, Simi Lapebesi menyatakan bahwa hingga kini Rasio Desa berlistrik (RDB) khususnya di Pulau Flores telah mencapai 98,21% dan Rasio Elektrifasi (RE) telah mencapai 93,67%.
“Merupakan kado manis dari PLN menyambut Natal dan Tahun Baru, PLN khususnya di NTT dapat melistriki hingga ke daerah-daerah terpencil. Kami akan terus upayakan pemerataan listrik, sesuai dengan misi PLN untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui ketersediaan listrik”.

Baca Juga:  PLN Gandeng KPK, Kementerian ATR BPN Selamatkan 102 Miliar Aset Negara di NTT

Untuk melistriki di 20 desa dan dusun tersebut , PLN membangun JTM (Jaringan Tegangan Menengah) sepanjang 35,57 kms, JTR (Jaringan Tegangan Rendah) sepanjang 71,55 kms, dan 16 buah gardu dengan kapasitas 700 kVa dengan nilai investasi sebesar Rp. 22,5 Miliar

 

No More Posts Available.

No more pages to load.