Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara _real time_.
Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.
Bagi pelanggan yang ingin mengetahui status laporan saat ini dapat mencoba cara berikut untuk mengakses halaman status laporan:
1. Klik fitur pengaduan,
2. Perhatikan di bawahnya akan ada daftar pengaduan terakhir yang diadukan,
3. Klik kode pengaduan yang sebelumnya telah didapatkan,
4. Setelah itu akan ada detail pengaduan,
5. Silahkan cek sampai di mana pengaduannya.
Status laporan pengaduan yang ada dalam PLN Mobile akan berubah seiring dengan proses pelayanan oleh petugas PLN. Total ada 6 status pengaduan, yaitu:
1. Lapor (Laporan masih bisa di batalkan oleh pelapor)
2. Penugasan Regu
3. Dalam Perjalanan
4. Dalam Pengerjaan
5. Nyala
6. Selesai
Pada saat status “SELESAI” pelanggan diminta untuk melakukan konfirmasi dengan pilih “LAPORAN SUDAH SELESAI?”. Apabila pelanggan memilih “Ya”, maka akan dilanjutkan ke halaman pemberian Rating dan Ulasan.
Di sisi lain, apabila pelanggan memilih “Tidak” secara otomatis akan terbentuk nomor pengaduan baru.
Khusus untuk laporan pengaduan gangguan pemadaman meluas:
1. Setelah memilih nomor pengaduan, dan status menjadi “LAPOR”. Pelapor masih bisa melakukan pembatalan laporan dengan pilih “BATALKAN LAPORAN”,
2. Laporan akan ter-_automarking_ dikarenakan banyak rumah padam karena gangguan sistem di sekitar lokasi yang dilaporkan dan status akan berubah menjadi “INFO (PADAM MELUAS)”,
2. Status baru akan muncul pada saat dilakukan perbaikan oleh petugas di lapangan, menjadi “PERBAIKAN OLEH PETUGAS (ESTIMASI XX MENIT/JAM)”,
3. Pada saat dilakukan penormalan oleh petugas di lapangan, status akan berubah menjadi “NYALA BERTAHAP”,
4. Status akan berubah menjadi “NYALA”, ketika kondisi di lapangan telah normal,
5. Operator akan memperbaharui status menjadi “SELESAI” ketika kondisi Lapangan telah normal kembali, pada tahap ini pelapor sudah bisa melakukan konfirmasi dengan memilih opsi di tombol “LAPORAN SUDAH SELESAI?”
Pelanggan juga akan mendapatkan notifikasi info pemadaman terencana atau pemadaman pemeliharaan sesuai lokasi ID Pelanggan yang telah didaftarkan di akunnya masing-masing.
“Maka dari itu, bagi pelanggan PLN yang belum meng-install PLN Mobile dapat segera meng-install secara gratis melalui PlayStore atau AppStore untuk mendapatkan informasi dan layanan kelistrikan terkini,” ucapnya.
Sampai dengan saat ini, lebih dari 16 juta pelanggan telah mendownload dan menikmati beragam fitur menarik dari aplikasi PLN Mobile. ***