EndeSeputar NTT

Lambertus Siga Sare : Pelayanan Di Disdukcapil Ende Tidak Ada Pilih Kasih

×

Lambertus Siga Sare : Pelayanan Di Disdukcapil Ende Tidak Ada Pilih Kasih

Sebarkan artikel ini
Lambertus Siga Sare, Kadis Disdukcapil Kabupaten Ende/Foto : Orbyn Nggala/gesstur.id

Ende, gesstur.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  melayani masyarakat kabupaten Ende tanpa pilih kasih, semua masyarakat kita perlakuan sama

Hal ini disampaikan Lambertus Siga Sare, kepala dinas Kependudukan dan Catatan kabupaten Ende, ketika di temui media ini di ruang kerjanya pada, senin 06 Juni 2022

Menurut Lamber, prioritas utama pelayanan di Dukcapil
Ende adalah bagi yang mendapat tempat duduk, karena kami berasumsi bahwa yang mendapat tempat duduk itu dia yang datang duluan.

Pembagian jumlah nomor ini juga berdasarkan alurnya, sebab satu dokumen saja bisa memakan waktu sekitar 15 sampai 25 menit

“Setiap pembagian nomor pelayanan ada dasarnya, dan diperhitungkan dari sarana dan prasarana yang tersedia, sumber daya yang ada, dan jumlah jam kerja” Demikian di jelaskan Kadis Disdukcapil Kabupaten Ende

Baca Juga:  Wabup Ende Serahkan Dokumen Adminduk Bagi Masyarakat Kelurahan Kota Ratu

Kata kadis Lambertus, jam pelayanan di disdukcapil adalah 8 jam sehingga dibuat pembagian loket-loket demi mempercepat pembuatan KTP maupun akta-akta.

“Untuk pengurusan kartu keluarga, pindah penduduk, maupun akta-akta itu sebanyak 150 nomor, untuk perekaman KTP baru 50 nomor, dan 30 nomor untuk perubahan elemen-elemen data rusak maupun hilang, pembagian ini berdasarkan jumlah jam pelayanan dan waktu proses dokumen itu sendiri yang berkisar 15 sampai 25 menit” Papar Kadis Lamber

Ia juga menjelaskan, demi mempercepat prosesnya dilakukan pembagian sebanyak 9 loket dengan tugasnya masing-masing. Di antaranya 6 loket khusus pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, 1 loket untuk pelayanan terintegrasi, 1 loket untuk KTP, dan yang 1 nya lagi untuk konsultasi.

Baca Juga:  Kembali Maju Bupati Ende, Djafar Achmad Daftar di Partai Demokrat

Lambertus berharap media massa turut berperan untuk membantu menyampaikan hal itu kepada masyarakat terkait pelayanan yang didasari oleh beberapa aspek guna mematahkan rumor yang tengah beredar di masyarakat

“Kami sudah berupaya sebaik mungkin untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan, yakni inovasi SAPADIA yakni sehari langsung jadi. Ada juga inovasi Lapak three in one yakni lahir langsung dapat tiga dokumen di antaranya Akta Kelahiran, KIA, serta Kartu Keluarga, yang telah mencantumkan nama anak tersebut, selanjutnya ada inovasi manda three in one yakni mati langsung dapat tiga dokumen, yakni, Akta Kematian, pembaharuan Kartu Keluarga, serta KTP pasangannya,” jelas Kadis Lambertus.

Baca Juga:  Tanpa Mahar, PDIP Ende Buka Pendaftaran Bagi Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati

Lanjutnya, pihak dukcapil menawarkan alternatif untuk masyarakat yang tidak mendapatkan nomor antrian, bisa melalui pelayanan online dan mengurusnya pada hari sabtu

Selain itu dengan adanya petugas registrasi desa yang bisa mengurus hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus surat-surat serta memangkas anggaran dan juga jarak yang begitu jauh bagi masyarakat yang hendak mengurusnya.

Melihat tingginya antusiasme warga yang datang ke kantor Dukcapil, Lambertus mengklaim bahwa itu merupakan bukti keberhasilan Disdukcapil Ende, serta adanya kesadaran masyarakat dalam mengurus surat-surat penting.

“Apalagi dengan adanya beberapa penghargaan dari lembaga terkait pelayanan, Disdukcapil Ende akan lebih giat dalam memperbaiki pelayanan dengan menciptakan inovasi-inovasi baru ke depannya,” Tutup Lamber

Penulis : Orbyn Nggala
Editor : Tim gesstur.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *